Saturday, September 3, 2016

Programm hamil Part 1.

Lab check

Kunjungan ke 2 kali setelah 2thn lalu ke Rscm Poli Kandungan. Kali ini nma dokter PPDS namanya Dr. fajar. Begitu liat rekam medic gw dy cm komen "knp ibu ga mulai aj dr dl.. Kl skarang, pemeriksaanny akan sm aja. Kl gitu sy buatkan programnya y. Ibu bisa langsung ke Makmal untuk cek lab. Di mulai dr hr Haid ke 3" sambil menyodorkan secarik kertas yang sudah tertemplete untuk rentetan cek program kehamilan. Lengkap dengan H-n haid. Gw sedikit berbincang mengenai apa yang gw alami, tapi tidak banyak karena dia tidak bs berkomentar dan memberi saran apa-apa karena tidak ada data penunjang.
Gw hanya bisa tertegun meratap "kenapa ga dr awal y.... Kenapa baru sekarang y. Andaindsri dulu gw tau mungkin gw udah punya anak". Gw cuma bisa diam dan mata gw menyapu ruangan poli. Gw ga tau apa yang terjadi sama mereka tapi satu hal yang gw sadari, ada banyak orang yang mungkin membuat qt mengelus dada, bersyukur atau membuat qt kian bergidik akan apa itu ketetapan Allah yg Maha Kuasa.
Gw menuju parkiran motor dan bergegas pulang.

Sesampainya di rumah, gw melaporkan semua apa yang harus dijalani kepada suami. Kita sepakat untuk melakukan serangkaian cek demi mengetahui apa yang terjadi.  Kami bicarakan semuanya mulai dari pengecekan suami alias cek sperma. Dan berlanjut kepada serangkaian cek lab untuk gw.

Beberapa hari kemudian, kami mulai dengan mencari lab yang cukup bagus dan tidak  terlalu mahal. Cek lab untuk suami kami lakukan di Biotes Hayam Wuruk. Pukul 7 pagi kami sudah sampai dan melakukan pendaftaran. Setelahnya langsung menuju lab. Hasil bisa kami ambil sore dihari yang sama. Jujur aja gw ga terlalu paham nilai rujukannyang tertera dilembar hasil itu, tapi gw coba mencari tahu apa arti semua tulisan di hasil lab. Test result is normozospermia Click here.

Beberapa hari kemudian giliran gw dimulai. Jadwal mesntruasi pun tiba. Gw bersiap untuk melakukan test pada H+2 haid. Gw menuju rumah sakit untuk melakukan egss tracking. Yup ini tujuannya untuk melihat 'calaon' bakal telur yang akan gw miliki, mulai dari jumlah, ukuran hingga besar maksimal. Ini adalah modal utama wankta untuk memiliki buah hati.

Kesesokan hatinya H+3 gw ke lab Prodia untuk tes gula darah puasa, trombosit, hormon dll dan juga test urin. Sedikit tips untuk tes urin, tes urin sebaiknya dilaksanakan ketik sudah bersih haid karena urin yang bercampur darah haid akan memengaruhi hasil lab. Hasil lab bisa diambil 4-6 jam setelah tes. Again yah saya 'buta huruf' tulisan hasil lab. Gak mau pusing mikirn, jadi gw pun pulang dengan sedikit pegal dilengan kanan dan kiri.

Cukup bisa bernafas untuk test HSG di H+9.  Gw sempat mencari tahu apa dan bagaimana persiapan test HSG selengkapnya Click here. Mencari  beberapa referensi lBlab yang menyedikaan fasilatas ini survey muali dari rumah sakit ibu dan anak hingga laboratorium umum. Survey pertama adalah di RSCM tapi saat itu, alat untuk HSG sedang rusak. Harganya cukup terjangkau yaitu sekitar  IDR900. Gw pu ke  RS eva Sari di Rawamangun. Ada tapi harganya cukup mahal, yaitu sekitar  IDR1,2juta. Berlanjut ke ke lab Pramita, ternyata arus buat janji dulu dan dalam sehari hanya beberapa pasien yang ditangani. Gw memutuskan untuk melakukan HSG di lab Pramita ini, harga cukup OK yaitu sekitar IDR 800. Pemeriksaan selesai dengan sedikit rasa sakit ketika di eksekusi tapi over all semua tak seseram yang di bilang orang. Tips untuk yang mau menjalai HSG, jangan grogi, jangan tegang, relax saja. Semakin tegang  dan stress makan akan terasa semakin sakit. So, keep relax. Semua gambaran mengenai penyumbatan dan anatomi ramim akan nampak di layar monitor dan dokter radiologi akan dengan sennag hati menjelaskannya.  Hasil tes bisa di ambil 4 jam setelahnya.

Sebenarnya ada satu test lagi yang harus ge jalani yaitu test Progesteron, tapi according to the doc, gw ga perlu menjali ini karena haid gw lancar, terstur dan normal. Test ini di perlukan bagi yang mengalami haid tidak teratur, mengalami haid berkepanjangan diluar normal dan merasakn nyeri haid yang teramat sangat. Click here untuk detailnya.

* sorry for not sharing the test result, all the documents were kept at the hospital and unfortunetly i have no copy of it.  Feel free yah if readers have some questions of the
Test. Will share every visit in the next capter .

No comments:

Post a Comment